Selasa, 08 November 2011

Kumpulan Twit Tentang #UKS2011

Siapa aja deh yg mau nyimak, saya mau share tentang Ujian Kompetensi Spesialisasi a.k.a. #UKS2011

1. Seperti biasa, salah satu penentu kelulusan Mahasiswa STAN adalah UKS. #UKS2011

2. SKS-nya nol, tapi kalo gak lulus, DO dari STAN. Sayang banget kan? Udah semester akhir pula. #UKS2011

3. Alhasil, #UKS2011 yang sangat fenomenal ini berhasil menggalaukan sebagian Mahasiswa STAN. Kecuali mungkin orang yg seperti saya.

4. Bahkan sekian bulan sebelum #UKS2011, udah banyak yg ribut belajar mati-matian buat UKS. Padahal nyata2 ada UAS yg 9sks.

5. Saya? Enjoy aja, malah masih sibuk mau daftar kepanitiaan. Hhahaa!! #UKS2011

6. Walaupun ditolak juga, dengan alasan terlalu uzur untuk jadi panitia acara kampus. Hhehee. #UKS2011

7. Nah, UAS di semester terakhir sih saya mesti belajar juga. Lumayan 9sks, menebus 'dosa masa muda' semester 2 s.d. 5. #UKS2011

8. Alhamdulillah, UAS keenam saya lulus. Kalo '06' bisa dibaca enam, IPK saya TIGA KOMA ENAM. Padahal IP semester 5 itu 2,87 #UKS2011

9. KTTA? Nggak usah dibahaslah. Mengarang indah dengan dosbing dan dosnil yang indah pula. :) #UKS2011

10. Singkat cerita, tinggal ada UKS. Dari 8 penghuni kos, cuma saya dan Emil (tingkat satu) kayaknya yg nyantai. :) #UKS2011

11. Sementara yg lain sibuk belajar ini belajar itu. #UKS2011

12. Saya bukan merasa sudah berilmu, tapi dengan kuliah saya selama ini, nggak yakin pelajaran itu masuk dalam waktu singkat. #UKS2011

13. Pada intinya saya banyak pasrah kepada takdir saja. Hhehee.... #UKS2011

13. Ralat ah, "...kepada takdir Allah saja." :)

14. Kebetulan saat UKS adalah awal Ramadan, saya yakinkan diri saja bahwa Allah menolong hamba yg meminta pertolongannya. #UKS2011

15. Terinspirasi dari @yudayummi, saya perbanyak saja tilawah. Tak peduli mungkin temen2 memandang aneh. Hhehee. #UKS2011

16. Kenapa? Ya itu tadi, saya belajar dengan sekian banyak materi, makin bingung ngung!! Udah tilawah aja, mumpung Ramadan ini. #UKS2011

17. Satu hal yg saya pegang, bahwa saya mau melalui #UKS2011 tanpa kecurangan. Walaupun sejumlah teman merancang strategi tertentu.

18. Nyontek? Nggak, curangnya anak STAN mah jauh lebih canggih. #UKS2011

19. Maka saya teringat guyonan Ustaz Rasikh di Oasis jelang UAS. "Yg korupsi anak STAN, tapi yg nangkepin biasanya anak STAN juga." #UKS2011

20. Saya pikir sih betul juga. Tapi ya sudahlah, udah pada gede juga. Tahu yg mana baik mana buruk. #UKS2011

21. #UKS2011 pun berlangsung, dan saya adalah peserta UKS yg berkoar-koar atas ketidaksetujuan saya pada sebuah strategi.

22. Strategi #UKS2011 itu bernama 'catat dan hafal soal'. Karena menurut kebiasaan, UKS putaran kedua sama persis soalnya.

23. Saya tidak bersedia, karena itu berarti memberikan kesempatan bagi yg harus 2putaran untuk berleha-leha. #UKS2011

24. Walaupun sangat besar kemungkinan saya juga termasuk yg 2putaran #UKS2011-nya.

25. Biarlah saya menerima jika memang harus kalah di putaran pertama #UKS2011. Yang penting tidak menodai integritas.

26. Bersingkat dalam kisah, saya lulus #UKS2011 bahkan di putaran pertama! Lagi-lagi ingat senior saya @yudayummi. Hhehee....

Twips, masih ada kisah saya tentang #UKS2011. Nanti lanjut lagi ya...!! Udah dipanggil ke masjid tuh! :)


27. Sebuah anugerah yg sangat indah, saya bisa lulus #UKS2011 di putaran pertama dengan nyaris tanpa belajar di pekan ujian.

28. Masalah selanjutnya, saya ditagih jatah nyatet dan ngapalin soal #UKS2011 untuk dikompilasi, katanya persiapan putaran kedua.

29. Emang dasar saya orangnya ngeyel, dengan terang-terangan saya tidak suka dengan cara itu. #UKS2011

30. Miris memang, teman2 yg selama ini menurut saya fikrohnya sangat bagus, ee ikutan juga dengan alasan solidaritas. #UKS2011

31. Di antara yg ikut putaran kedua #UKS2011, ada teman liqo saya yg udah jauh lebih dulu kenal tarbiyah.

32. Saya berhusnuzhon, saya harap ia mengambil langkah sesuai yg saya wacanakan sebelumnya. Apalagi ia cenderung lebih pinter. #UKS2011

33. Ternyata eh ternyata, putaran kedua #UKS2011 disiapkan dengan menghapal soal dan jawaban.

34. Kemudian dengan antusiasnya mereka bercerita, bangga bisa keluar cepet banget di #UKS2011 putaran kedua.

35. Saya tertegun, apa mungkin justru saya terlalu ekstrim dengan hal ini? #UKS2011

36. Mungkin karena ilmu saya terlalu dangkal hingga bersikap terlalu ekstrim? #UKS2011

37. Perasaan itu muncul, karena kenal dan paham tarbiyah pun baru di Kampus STAN. Sementara mereka terhitung senior saya. #UKS2011

38. Mungkin ada fiqh tertentu yg membolehkan curang saat ujian yg menentukan kelulusan dari STAN? #UKS2011

39. Atau mungkin saya yg terlalu lancang menganggap perbuatan menghapal soal yg tidak dibagikan untuk dibahas... #UKS2011

...lalu dihapal jawabannya untuk #UKS2011 putaran kedua?


40. Tapi saya mikir lagi. Kan jelas2 soal #UKS2011 putaran pertama nggak boleh dibawa pulang? #UKS2011

41. Bagaimana mungkin mahasiswa yg (katanya) berintegritas, berupaya menghapal soal yg tidak diperkenankan dibawa itu? #UKS2011

42. Parahnya lagi, 'strategi' menghapal soal itu dikoordinasi langsung oleh 'para pimpinan mahasiswa'! #UKS2011

43. Saya ingat betul ada wanti2 khusus tentang penghapalan soal ini, "Jangan ketahuan sekre/pengawas ya...?" #UKS2011

44. Hellooo!! Kalo perbuatan ini legal dan sah, kenapa harus sembunyi2 dari Sekretariat STAN yg menaungi perkuliahan kita? #UKS2011

45. Hingga saat itu, sebetulnya saya masih ragu dengan sikap saya. Tapi bukan Dio Agung Purwanto jika mudah berubah sikap. #UKS2011

46. Oh iya, penghapalan soal #UKS2011 itu karena tren tahun2 sebelumnya, putaran kedua soalnya sama persis. Paling ditukar urutan.

47. Atas dasar itulah, 'strategi' itu disusun. #UKS2011

48. Waktu menghadapi putaran pertama, saya membayangkan akan dicemooh jika sampai tidak lolos putaran pertama #UKS2011.

49. Jujur, saya sangat mengkhawatirkan hal itu terjadi. Kalau sampai saya ikut #UKS2011 tahap kedua, sirnalah koaran saya itu.

50. Setelah hari terakhir #UKS2011 putaran pertama, saya pasrah sepasrah-pasrahnya. Menyiapkan wajah malu karena pernyataan saya.

51. "Kalau memang tindakan hamba ini benar, tunjukkanlah kepada mereka. Kalau salah, berikan petunjuk kepada hamba." #UKS2011

52. Janji itu genaplah sudah, saya lulus #UKS2011 di putaran pertama! Lanjut koar-koar lagiii! :)

53. Beberapa teman ada yg bilang setuju ke saya, tapi tentu tidak sefrontal yg saya lakukan. #UKS2011

54. Sedih saya melihat binar bahagia mereka yg berhasil mengumpulkan soal2 #UKS2011 dengan strategi yg mereka susun.

55. Lebih sedih lagi, mereka bangga sekali menceritakan keluar kelas ujian dengan segera. #UKS2011

56. Padahal saya banyak belajar tentang keikhlasan dan kejujuran dari mereka, tapi momen #UKS2011 sedikit banyak membuat saya kecewa.

57. Tapi di balik semua itu, saya bahagia pada akhirnya mereka lulus juga dari #UKS2011

58. Lebih bahagia lagi, sejarah UN SMA saya terulang lagi di #UKS2011. Karena saya bisa lulus tanpa curang atau membantu kecurangan.

59. Saya dianggap kaku? Biarlah! Ekstrimis? Biarlah! Nggak solider? Biarlah! Sok pinter? Biarlah! Belagu? Biarlah! #UKS2011

60. Toh urusan prinsipal (agama) saja "Lakum diinukum wa liyya diin". Apatah lagi hanya tentang #UKS2011

61. Yang terpenting bagi saya, bahwa saya memegang apa yg saya yakini kebenarannya. Tidak hanya menjadi follower ke mana-mana. #UKS2011

62. Perkara akan ada yg memusuhi saya karena #UKS2011, memangnya saya punya kuasa atas hati mereka? Cari teman yg lain lagi, beres!

63. Yang pasti saya bahagia, 787 Mahasiswa Akuntansi angkatan saya berhasil melalui #UKS2011 meskipun ada yg dua putaran.

64. Bahagia pula, ada cerita tentang #UKS2011 yg bisa saya tuturkan ke anak cucu saya kelak.

65. Oh iya! Kala itu saya juga dihadapkan pada sinisme terhadap sikap saya yg katanya 'sok idealis'. #UKS2011

66. Waktu itu secara spontan saya menjawab bahwa idealisme justru teruji di saat-saat ekstrim. #UKS2011

67. Benar atau tidak mengenai idealisme tadi? Setidaknya itu yg saya pahami. #UKS2011

68. Dan atas yg saya pahami itu, saya berusaha menggenggamnya kuat-kuat. Insan mencemooh apa, biarkan saja. #UKS2011

69. Buktinya sekarang, pergaulan saya di Kampus STAN tidak begitu terganggu. Masih banyak yg mau menerima pemikiran saya. #UKS2011

70. Dan saya tidak pernah menyesali sikap yg saya ambil di #UKS2011, bahkan saya bersyukur bisa melewatinya tetap pada pandangan saya.

71. Ada yg tidak setuju, itu wajar. Tapi menurut saya, inilah mula aplikasi atas integritas yg selama ini digembar-gemborkan. #UKS2011

72. Kalau 'hanya' karena #UKS2011 sudah tega berlaku curang, apalah lagi jika dihadapkan pada persoalan yg lebih serius dan berpeluang?

73. Satu yg saya petik juga dari #UKS2011. Bahwa saya ingin tetap tarbiyah, karena yg sudah lama pun tak ada jaminan, apalagi saya yg newby.

Sejauh itu saja yg bisa saya utarakan tentang #UKS2011. Semoga ada manfaatnya.

Maaf jika ada yg tersinggung terkait kicauan saya tentang #UKS2011, Alhamdulillah masih punya hati utk tersinggung.

Tidak ada komentar: